Kebijakan Web (Web Policy)

15.40.00 Unknown 0 Comments



Website merupakan sebuah situs web yang dihosting di seerver web dan dapat diakses dari browser menggunakan nama domain tertentu. Setiap website maupun blog pasti memiliki kebijakan – kebijakan tersendiri untuk dapat mengaksesnya. Kebijakan tersebut memiliki peraturan – peraturan yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama. Kata Kebijakan itu sendiri adalah suatu ucapan atau tulisan yang memberikan petunjuk umum tentang penetapan ruang lingkup yang memberi batas dan arah umum kepada seseorang untuk bergerak. Secara etimologis, kebijakan adalah terjemahan dari kata policy. Kebijakan dapat juga berarti sebagai rangkaian konsep dan asas yang menjadi garis pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan dan cara bertindak. Kebijakan dapat berbentuk keputusan yang dipikirkan secara matang dan hati-hati oleh pengambil keputusan puncak dan bukan kegiatan-kegiatan berulang yang rutin dan terprogram atau terkait dengan aturan-aturan keputusan.

Secara umum, akses ke situs yang mengandung materi pornografi, ditutup. Secara khusus, tergantung pada kebutuhan dan tinjauan kepentingan masing-masing lembaga.  Misal lembaga pendidikan, perlunya pengaturan pada pemblokiran terhadap situs yang mengarah pada hiburan, game, situs-situs  pembajakan cracking, situs periklanan, dan situs yang tidak sejalan dengan visi dan misi lembaga. Bagi lembaga bisnis, situs-situs tentang periklanan dan jaringan sosial bisa diterima dan dimanfaatkan sebagai bagian dari periklanan.

Masalah kebijakan berinternet mengatur mengenai hak cipta dan lisensi. Dalam suatu corporasi setiap software yang dipakai juga harus dibayarkan hak lisensi – jumlah pemakaiannya. Karyawan yang melakukan download software tidak lisensi juga perlu diatur karena melanggar hak cipta yang pada akibatnya merugikan corporasi karena pelanggaran.

Kebijakan penggunaan ini perlu disepakati dan disosialisasikan sehingga semua menyadari dan tidak menimbulkan ketidaksukaan pada pengelola atau admin jaringan. Justru situs yang sesuai dengan visi misi ditampilkan dalam daftar link secara jelas dan mudah diakses.



Sumber:
Admin. 2009. Kebijakan penggunaan Akses Internet. Tersedia : http://mdin.staff.uad.ac.id/kebijakan-penggunaan-akses-internet/. [8 April 2016]

Admin. 2014. Pengertian Kebijakan Menurut Para Ahli. Tersedia : http://www.pengertianahli.com/2014/08/pengertian-kebijakan-menurut-para-ahli.html. [8 April 2016].

H, Ali. 2009. Guideline Internet Policy. Tersedia : http://www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com/guideline-internet-policy . [8 April 2016]


Tim E-Media Solusindo. 2008. Membangun Komunitas Online Secara Praktis dan Gratis. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

0 komentar: