[TUGAS] BAB 5 - TAKTIK DALAM PERMAINAN

06.21.00 Unknown 0 Comments


WAYPOINT
Waypoint adalah titik acuan / kumpulan koordinat yang digunakan untuk keperluan navigasi untuk mengidentifikasi sebuah titik di peta. Koordinat-koordinat itu biasanya menyertakan longitude, latitude, dan kadang altitude untuk keperluan navigasi di udara.
Waypoint digunakan di berbagai navigasi yang tidak memiliki jalur yang tampak seperti navigasi di udara dan navigasi di laut, juga navigasi di darat yang tidak memiliki jalur yang jelas. Khusus navigasi di darat yang tidak menggunakan manusia sebagai penentu arah melainkan robot, waypoint digunakan meski terdapat jalur yang jelas. Hal ini penting agar robot tetap memiliki rute.
Waypoint dibagi menjadi dua jenis, yaitu waypoint fly by dan waypoint fly over. Waypoint fly by tidak melewati lokasi di atas way point namun tetap menuju ke arah tujuan, sedangkan waypoint fly over melewati lokasi di atas way point. Setelah satu waypoint terlewati, maka pilot harus menetapkan waypoint berikutnya yang disebut dengan waypoint aktif. Waypoint merupakan kumpulan dari beberapa titik kordinat yang kemudian dijadikan sebagai navigasi pergerakan.
Dalam sebuah game, pergerakan NPC (non playable character) umumnya menggunakan titik arah antara titik kordinat yang satu dengan yang lain ditentukan oleh pencipta game. Waypoint dapat digunakan pada non playable character untuk melakukan patroli di dalam game dengan melintasi titik-titik kordinat yang ditentukan.

ANALISIS TAKTIK
Taktik adalah suatu siasat atau akal yang dirancang dan akan dilaksanakan dalam permainan oleh perorangan, kelompok, maupun tim untuk memenangkan suatu pertandingan secara sportif. Taktik biasanya merujuk bagaimana perorangan atau kelompok yang digunakan dalam permainan tertentu.

PATH FINDING
Path Finding atau pencarian jalur adalah proses pencarian rute atau jalur tedekat dari suatu start menuju tujuan dengan jalur yang memiliki pengahalang – penghalang dari arena tersebut. pathfinding ini pada umumnya adalah untuk mencari jalur paling efisien dengan sebisa mungkin menghindari penghalang yang ada.
Pathfinding dapat diterapkan misalnya dalam membuat AI dari suatu game, misalnya agar AI tersebut dapat mengejar musuh secara efisien dan tanpa menabrak tembok atau menghindari penghalang lain. Terdapat beberapa metode yang dapat diterapkan dalam pathfinding ini, salah satu metode yang sering digunakan adalah A*.


Source:

0 komentar: