[TULISAN] CONTOH PERMAINAN MENGGUNAKAN KONSEP PENGAMBILAN KEPUTUSAN

02.47.00 Unknown 0 Comments



Dalam kehidupan sehari – hari, setiap tindakan adalah hasil dari pengambilan keputusan. Berangkat sekolah, memilih jurusan sekolah, dan memakai pakaian digunakan adalah contoh kecil dari pengambilan keputusan. Dalam aplikasi Game, pengambilan keputusan dapat dilihat dari setiap tindakan pemain yang diambil untuk memperoleh hasil atau kemenangan. Berikut adalah contoh aplikasi game menggunakan konsep pengambilan keputusan.

  1.     CATUR


Pada permainan Catur menggunakan konsep Pohon Keputusan untuk proses pengambilan keputusan. Pohon Keputusan pada permainan catur dapat dilihat dari pengambilan keputusan dalam menjalankan bidak catur. Salah satu cara komputer dapat ‘berpikir’ untuk mengetahui langkah apa yang harus ia jalankan adalah dengan membuat pohon keputusan dari semua kemungkinan langkah berikutnya yang dapat dibuat, kemudian menentukan langkah berikutnya dengan melihat langkah mana yang memastikan kemenangan Tentu saja ini tidaklah mungkin dibuat karena pohon keputusan untuk catur sangatlah besar.Oleh karena itu kita harus menambahkan suatu ‘preferensi langkah’ di pohon keputusan tersebut, agar tidak seluruh pohon keputusannya dibuat. Ada banyak properti dari catur yang mempengaruhi kemungkinan kemenangan dari Salah satu properti yang dapat diambil dari catur adalah kita bisa memberikan nilai dari setiap bidak catur yang ada di papan setelah melakukan langkah tertentu, sehingga hanya pohon keputusan yang menghasilkan papan dengan dengan jumlah nilai-nilai bidak tertinggi saja yang ditelusuri. Dibuku-buku catur untuk pemula akan diberitahukan nilai dari setiap jenis bidak catur.

Jenis Bidak
Nilai
Pion
1
Kuda
3
Gajah
3
Benteng
5
Ratu
9
Raja

Raja diberikan nilai tak terhingga karena selalu dipastikan ada satu buah raja di masing-masing pemain saat permainan masih berlangsung. Pemberian nilai ini dianggap wajar karena pemberian nilai ini membuat pion menjadi bidak yang paling lemah dan ratu menjadi bidak yang paling kuat selain raja.

  2.     NEKERAN

Salah satu permainan tradisional dari tanah Jawa adalah Nekeran. Nekeran adalah permainan anak laki – laki menggunakan kelereng sebagai alat permainannya. Cara memainkannya yaitu, Seorang Pemain dihadapkan dengan dua macam musuh, yaitu pemula dan jagoan serta fitur untuk bermain 2 orang yaitu 2 Player. Kedua musuh tersebut terpisah dan menjadi mode pemilihan lawan dalam permainan ini. Pada permainan ini pada pengambilan keputusan menggunakan konsep Fuzzy Logic. Penerapan Fuzzy Logic dapat diterapkan didalam Bot atau langkah musuh didalam permainan. Penerapan algoritma fuzzy logic berpedoman kepada biner yaitu 0 dan 1, dimana di gunakan dalam pergerakan musuh kapan musuh akan jalan dan musuh pasti mengenai sasaran atau tidak.


Sumber :
Christian Anthony Setyawan. 2016. Aplikasi Pohon Keputusan pada Permainan Catur. Makalah. Bandung : Institut Teknologi Bandung (https://anzdoc.com/aplikasi-pohon-keputusan-pada-permainan-catur.html )
Jeffry Waluyo. 2016. Game Android Nekeran Menggunakan Metode Fuzzy Logic. Skripsi. Kediri : Universitas Nusantara Pgri Kediri


0 komentar: