[TUGAS] Pengantar Teknologi Game

01.55.00 Unknown 0 Comments


A.              Pengantar Game
Game adalah permainan yang membutuhkan interaksi antarmuka antara pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video. Permainan video umumnya menyediakan sistem skor yang dihitung berdasarkan tingkat keberhasilan yang dicapai dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada di dalam permainan. Kata “video” pada “permainan video” pada awalnya merujuk pada piranti tampilan raster. Namun dengan semakin dipakainya istilah “video game”, kini kata permainan video dapat digunakan untuk menyebut permainan pada piranti tampilan apapun. Sistem elektronik yang digunakan untuk menjalankan permainan video disebut platform, contohnya adalah personal computer (PC), smartphone, dan konsol permainan.

B.               Manfaat Teori Pengantar Game
          Manfaat Teori Permainan :
a)      Mengembangkan suatu kerangka untuk pengambilan keputusan dalam situasi persaingan (kerjasama).
b)      Menguraikan metode kuantitatif yang sistematik bagi pemain yang terlibat dalam persaingan untuk memilih strategi yang tradisional dalam pencapaian tujuan.
c)      Memberi gambaran dan penjelasan  phenomena situasi persaingan/konflik seperti tawar menawar dan perumusan kualisi.

C.              Game Engine
Pengertian Game Engine secara sempit berarti mesin permainan, untuk arti yang lebih luas game engine berarti software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu game. Ada banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik.
Proses pembuatan game seringkali dihemat oleh sebagian besar developer dengan menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda. Contoh software Game engine yaitu OGRE, Blender Game Factory, Crystal Space, dan Unity.

D.              Teori yang dipakai pada Game
Teori yang dipakai pada game, yaitu:
1)    Zero Sum game
Suatu situasi di mana keuntungan atau kerugian seorang pemain persis diimbangi oleh kerugian atau keuntungan dari pemain lain. Jika total keuntungan dari para peserta ditambahkan, dan total kerugian dikurangi, maka jumlahnya adalah nol. Poin – poin utama dalam teori ini adalah :
a.     Jumlah dari payoff tetap konstan selama permainan
b.     Dua belah pihak dalam konflik
c.      Mendapat informasi lebih selalu membantu seorang pemain

2)    Non Zero-Sum Game
Berlawanan dengan Zero-Sum Game, maka pada permainan ini tidak akan ada hasil yang Strictly Competitive, karena payoff tidak akan konstan bagi setiap pemain. Poin – poin utamanya adalah :
a.     Jumlah payoff tidak konstan selama jalannya permainan
b.     Pemain dapat bekerjasama atau bersaing
c.      Mendapat informasi lebih dapat membahayakan seorang pemain.

Sumber:

0 komentar: