Review Universitas Terbuka

20.35.00 Unknown 0 Comments



LATAR BELAKANG

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.
Universitas Terbuka menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah terpencil, baik di seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.
UT memiliki empat fakultas dan satu Program Pascasarjana yang menawarkan lebih dari 30 program studi meliputi Program Magister (S2), Program Sarjana (S1), Program Diploma (D1, D2, D3, dan D4), dan Program Sertifikat. Empat fakultas tersebut adalah:
  1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
  2. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  3. Fakultas Ekonomi (FEKON)
  4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)

Pada tahun 2015 UT menyelenggarakan 34 program studi yang terdiri dari 28 Program Sarjana Non Pendas (25 Program Sarjana dan 3 Program Diploma), 2 Program Sarjana Pendas, dan 4 Program Magister.

VISI & MISI

Visi
Pada tahun 2021, UT menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ.

Misi
Misi UT adalah sebagai berikut.
  1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi.
  2. Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ.
  3. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.


TUJUAN
Untuk mencapai Visi dan menjalankan Misi, Tujuan penyelenggaraan UT dirumuskan sebagai berikut.
  1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan/atau profesional yang mampu bersaing secara global.
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan berkelanjutan guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society).
  4. Menghasilkan produk-produk akademik dalam bidang PJJ, khususnya PTTJJ, dan bidang keilmuan lainnya.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengembangan sistem PJJ, khususnya PTTJJ.
  6. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.
  7. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui pelayanan pendidikan tinggi secara luas dan merata.
  8. Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerja sama melalui kemitraan pendidikan pada tingkat lokal, nasional, dan global.


ISI DAN INFORMASI

Website Universitas Terbuka yang beralamat www.ut.ac.id berisikan informasi – informasi tentang Universitas Terbuka. Pada website ini terdapat tab menu Beranda, Tentang UT, Akademik, UT Online, Fasilitas, Berita, dan Pengumuman. Web ini juga berhubungan dengan link – link terkait dengan UT, seperti link Pendaftaran, Perpustakaan Digital, Toko Buku Online UT, Kuliah Gratis MOOCs (Massive Open Online Courses), dan ASEAN Studies Program.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Setiap website pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari website Universitas Terbuka menurut pengamatan saya.

Kelebihan
  • Tampilan warna pada background website sesuai dengan lambang UT (biru, putih, dan kuning) membuat tampilan website menjadi nyaman dilihat secara berlama – lama.
  • Website ini menyediakan dua tampilan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Terdapat kolom pencarian yang memudahkan mencari informasi secara cepat.
  • Dalam website tersebut menyediakan formulir pendaftaran secara online.
  • Terdapat portal pengaduan untuk mahasiswa atau masyarakat umum

Kekurangan
  • Tidak terdapat galeri foto untuk fasilitas penunjang maupun acara yang diselenggarakan universitas.
  • Pada tampilan via mobile, masih terdapat bug. Pada kolom Pengumuman, Berita, dan Profil akan mengecil saat kita me-scroll  website tersebut.


Sumber:
Admin. 2016. Tersedia : http://www.ut.ac.id/. [11 Mei 2016]
Admin. 2016. Tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Terbuka. [11 Mei 2016]



0 komentar: