File Transfer Protocol (FTP)

22.59.00 Unknown 0 Comments


FTP merupakan singkatan dari File Transfer Protocol. FTP adalah protokol serbaguna untuk melakukan trensfer file dari sebuah komputer ke komputer lainnya. Dengan memanfaatkan FTP, kita dapat meletakan file ke sebuah komputer lainnya yang disebut FTP Server. Kita juga dapat mengambil file tertentu dari FTP Server tersebut dengan menggunakan FTP.
Pada sistem operasi Windows, secara otomatis sudah tersedia aplikasi khusus FTP yang masih berbasis DOS (command Prompt) dan sulit digunakan. Kesulitan tersebut muncul karena kita harus menghapal beberapa perintah FTP yang cukup banyak. Beberapa perintah FTP tersebut antara lain: account, mdir, proxy, put,get, status, dan lain - lain.

Konsep File Transfer Protocol  (FTP)
Sesuai namanya yaitu file transfer protocol (FTP) yang berarti segala prosesnya masuk dalam protokol client dan server. Client FTP disebut sebagai user, dimana para pengguna FTP melakukan perintah dan proses dari mesin yang disebut client.
Proses ini berupa serangkaian operasi pada perangkat lunak FTP. Sedangkan pengertian File transfer protocol server atau FTP server adalah tempat dimana FTP client terhubung dan melakukan proses yang berlangsung.
Protocol interpreter (PI) adalah bagian dari perangkat lunak yang mengatur koneksi berkaitan dengan pengiriman dan penerimaan perintah berikut jawabannya. Data transfer process (DTP) bertanggung jawab terhadap pengiriman dan penerimaan data antara klien dan server. 
Sebagai tambahan pada dua elemen di atas, pada proses FTP user ditambahkan komponen ketiga yakni antar muka user untuk berinteraksi dengan user FTP sebagai manusia, ia tidak ditambahkan pada sisi server. 
Sehingga terdapat dua komponen proses FTP server dan tiga komponen proses FTP user pada keseluruhan proses FTP. Untuk lebih jelas perhatikan gambar dibawah ini, beserta penjelasan fungsi masing-masing elemen berikut ini.


Cara Kerja FTP
Cara Kerja FTP utamanya digunakan dalam pengembangan situs web untuk menjalankan fungsi – fungsi FTP yaitu mentransfer halaman file dari komputer klien ke situs web komputer hosting juga digunakan oleh situs untuk menyediakan fasilitas download file. Ini juga digunakan untuk transfer file intra-jaringan pada sistem jaringan komputer kecil. Sebagian besar program termasuk web browser memiliki dukungan built-in untuk transfer data berbasis FTP.
Cara kerja FTP ini meskipun sangat mudah dalam implementasinya, aplikasi FTP sangat tidak aman. Untuk transfer file karena file tersebut ditransfer tanpa enkripsi dahulu tetapi dengan clear text. Mode text yang dipakai untuk transfer data adalah format ASCII atau format Binary. Secara default, FTP mengaplikasikan mode ASCII pada transfer data. Karena pengirimannya tanpa enkripsi, maka username, password, data yang ditransfer, maupun perintah yang dikirim bisa saja di sniffing oleh hacker dengan menggunakan protocol analyzer (Sniffer). Kerentanan terkena serangan  dikarenakan kurangnya kemampuan enkripsi,  tapi cara kerja FTP ini menjadi cepat.
Solusi yang digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi FTP: SFTP (SSH FTP) yaitu FTP yang berbasis pada SSH atau menggunakan FTPS (FTP over SSL) sehingga data yang dikirim terlebih dahulu dienkripsi (dikodekan).

Referensi

Ramadhan, Arief. 2005. Seri Pelajaran Komputer Internet dan Aplikasinya. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Author. 2015. Konsep dan pengertian file transfer protocol (FTP) server. Tersedia : http://www.plengdut.com/2015/06/konsep-dan-pengertian-file-transfer-protocol-ftp-server.html . [15 maret 2016]


Author. 2011. Pengertian FTP, Fungsi FTP dan Cara Kerja FTP dan Aplikasinya. Tersedia : http://jaringankomputer.org/pengertian-ftp-fungsi-ftp-carakerja-aplikasi-ftp/ . [15 maret 2016]

0 komentar: