Tugas 1 - Sistem Operasi

02.36.00 Unknown 0 Comments

Jenis – Jenis Komputer

1.  Komputer berdasarkan Data yang diolah

a.   Komputer analog
   Komputer analog merupakan komputer yang bekerja secara kontinu, digunakan untuk menerima sinyal analog yang sifatnya kontinu berbentuk gelombang dan tidak berbentuk angka serta tidak memerlukan bahasa perantara. Komputer ini digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Contohnya seismograf, amperemeter, dan termometer air raksa.

seismograf

b.   Komputer digital
   Komputer digital merupakan komputer yang menerima data digital yang berbentuk angka atau huruf. Fungsinya untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Komputer digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi teknik. Contohnya kalkulator, Apple IIe, dan IBM PC.
Apple IIe

c.   Komputer hybrid
  Komputer jenis ini dapat menerima dan mengolah data secara kuantitatif maupun kualitatif. Komputer hybrid bisa juga dikatakan gabungan dari komputer analog dan digital. Komputer jenis ini digunakan di rumah sakit dan digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat. Contohnya NEC powermate P500, alat USG, dan alat pendeteksi denyut jantung.
NEC powermate P500
2.  Komputer berdasarkan Ukuran

a.   Mainframe Komputer
  Mainframe komputer adalah jenis komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi organisasi besar menggunakan mainframe untuk aplikasi yang sangat kritis seperti pengolahan data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Sebagian besar komputer Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan, memiliki kapasitas untuk melayani beberapa sistem operasi dan beroperasi sebagai mesin virtual dan dapat menggantikan beberapa server kecil. Contohnya yaitu IBM System/360, IBMSystem (ESA)/390, Honeywell-Bull DPS 7.

IBM System/360
b.   Microcomputer
   Microcomputer adalah sebuah komputer dengan mikroprosesor dengan menggunakan CPU yang dikenal sebagai komputer mikro. Jenis komputer ini tidak menempati ruang sebesar komputer mainframe. Ketika dilengkapi dengan keyboard dan mouse, mikrokomputer bisa disebut sebagai komputer pribadi. komputer mikro dikemas dengan sebuah monitor, keyboard dan lain yang sejenis perangkat input-output, memori komputer dalam bentuk RAM dan unit catu daya.  Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop. Contoh Altair 8800, Apple Macbook, dan IBM PC.

Apple Macbook
c.   Minicomputer
  Ukuran dan kapasitas proses, minicomputer terletak di antara mainframe dan mikrokomputer. Minicomputer juga disebut mid-range sistem atau workstation. Istilah itu mulai dipakai populer di tahun 1960-an untuk merujuk generasi ketiga komputer  yang relatif kecil. Jenis komputer ini mengambil ruang sebesar satu atau dua lemari es, menggunakan teknologi transistor dan core memory. 12-Bit komputer mini PDP-8 dari Digital Equipment Corporation adalah komputer mini- pertama yang sukses. Contoh yang lain yaitu PDP-11, Xerox Star, dan IBM System/370.

Xerox Star


3.  Komputer berdasarkan Pengguna

a.   Komputer untuk tujuan khusus (Special Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah khusus atau satu masalah saja. Komputernya dapat berupa digital maupun analog. Sekali special purpose computer sudah diprogram untuk masalah yang khusus maka tidak bisa lagi digunakan untuk hal-hal lainnya tanpa diubah ulang. Contohnya SPC digunakan untuk simulasi interaksi sistem partikel, komputer pada kasir supermarket, dan PC Router.
Komputer Kasir

b.   Komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer)
Komputer ini dirancang untuk pemecahan banyak hal untuk keperluan umum, dapat digunakan program yang berbeda-beda dalam satu komputer. Contohnya personal computer (PC), dan Laptop.

Personal Computer (PC)





Sumber :



0 komentar: